You are currently viewing Beberapa Jenis Varian Mie Di Indonesia

Beberapa Jenis Varian Mie Di Indonesia

Mie adalah jenis makanan yang sudah tidak asing lagi dan sangat akrab dengan lidah orang Indonesia, rasanya yang lezat, gurih, pedas selalu menjadi makanan favorit kapanpun dan dimanapun.

Banyak nama dan varian dari mie di Indonesia dan berikut adalah beberapa diantaranya :

  • Mie Goreng adalah hidangan yang sangat populer di Indonesia tersedia di mana-mana. Mie Goreng dijual di restoran, kafetaria, pedagang kaki lima keliling dan penjual makanan lainnya. Mie Goreng sering dibuat dari mie instan Indonesia atau mie telur yang direbus terlebih dahulu kemudian digoreng dengan telur, daging, makanan laut, bakso atau mie goreng biasa menggunakan ayam dengan bawang merah, bawang putih, daun bawang, kecap manis, telur, dan sayuran biasanya ditambahkan juga. Rasanya manis sedikit bercampur dengan sedikit rasa pedas.

  • Mie Kuah/Godok atau yang lebih dikenal dengan nama Indomie kuah adalah masakan mie khas Indonesia. Mie kuah biasanya dibuat dari mie kuning atau mie instan, ditambah air dengan caisim/pak choy (sawi), kol, bawang merah, telur, daun bawang, tomat dan bumbu/bumbu. Ini hidangan yang sangat sederhana dan memasak seperti memasak mie instan. Mie Kuah sering disajikan dengan bawang merah goreng. Rasanya enak dan gurih dan cocok disantap saat cuaca hujan.

  • Mie Pecel terbuat dari mie telur atau mie lidi kemudian ditambah dengan bumbu pecel. Bumbu pecel terbuat dari bahan seperti kacang tanah goreng potong dadu, air, kencur, air asam jawa, gula merah, cabai, bawang dll. Mie pecel biasanya disajikan dengan sayuran rebus seperti kacang panjang, tauge, bayam, kol, tambahkan kerupuk. Saat ini mie pecel sulit ditemukan tetapi beberapa pasar tradisional masih menjualnya.

  • Mie Gomak/Mie Lidi adalah masakan mie khas dari etnis Batak Toba di Sumatera Utara. Hidangan yang juga populer sebagai spageti orang Batak karena mie yang digunakan memiliki kemiripan bentuk dengan spageti. Mie gomak atau lidi bisa dimasak sop atau digoreng. Rasanya agak unik karena biasanya dimasak dengan adaliman (rempah-rempah dari tanah Batak). Mie gomak atau lidi kebanyakan tersedia di Sumatera Utara.

  • Mie Aceh adalah hidangan mie pedas kari khas dari daerah Aceh, Indonesia. Adalah mie kuning kental, dimasak dengan irisan daging sapi, atau makanan laut, bumbu yang terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, kapulaga, adas bintang, jinten, jintan, dan kertas hitam. Dua variasi Mie Aceh Goreng/Kering dan Mie Aceh kuah/semak (sedikit air). Mie Aceh biasanya disajikan dengan emping, irisan mentimun, bawang merah, sejumput jeruk nipis dan di atasnya ditaburi bawang merah goreng.

  • Mie Magelang sedikit unik dan berbeda dari jenis mie lainnya, kemungkinan besar adalah nasi-mie. Berasal dari Magelang, Jawa, Indonesia Mie megelang terbuat dari bahan dasar nasi dan mie kuning telur. Kedua bahan dicampur dan dibumbui dengan rempah-rempah, sayuran dan daging. Rasa dan teksturnya seperti makan nasi goreng dan mie goreng dalam satu piring. Mie Magelang sebagian besar tersedia di daerah jawa dan beberapa restoran Jawa di Indonesia

  • Mie Celor terbuat dari kaldu udang yang ditambah dengan santan dan bumbu lainnya. Kemudian disajikan dengan mie gandum kuning besar, tauge, telur rebus, irisan seledri dan bawang merah goreng. Mie celor masakan khas dari kota palembang, indonesia.

  • Mie Balap adalah mie goreng yang dimasak dengan bahan sederhana dengan cara tercepat. Jenis mie yang digunakan adalah bi hun atau mie telur kuning ditambah bumbu, telur, sayuran seperti tauge dan di atasnya ditaburi bawang merah goreng. Biasanya dijual pada pagi hari hingga pukul 12.00 WIB di pedagang kaki lima atau pasar.

  • Mie Bihun terbuat dari tepung beras berbentuk panjang tipis yang disebut juga bihun. Di Indonesia mie bihun sering dimasak dengan cara digoreng atau kuah. Bihun goreng (bihun goreng) sering dimasak dengan gaya yang sama dengan mie goreng atau nasi goreng. Sedangkan bihun kuah biasanya terbuat dari sayur-sayuran, bawang putih, daun bawang, garam dan telur atau seafood. Mie Bihun biasanya disajikan dengan bawang merah dan cabe rawit.

  • Mie Kocok adalah masakan khas dari Bandung, Indonesia. Ini adalah kuah soto daging sapi yang terbuat dari kuah kaldu sapi, mie kuning pipih, kikil (tendon daging sapi), tauge, bakso sapi, air jeruk purut, seledri, bawang merah goreng dan bumbu-bumbu seperti kecap manis dan cabai.

  • Soto Mie adalah masakan kuah mie pedas yang terbuat dari kaldu ayam atau sapi ditambah bumbu dan bumbu yang disajikan dengan mie kuning, bihun dan bahan lainnya seperti irisan tomat, kentang rebus, kol, kacang tanah, tauge, ayam, daging sapi, kulit, tulang rawan , tendon / tripes. Soto mie biasanya disajikan dengan air jeruk nipis, sambal, bawang merah goreng, kecap manis dan emping. Soto mie banyak dijual di gerobak keliling atau food court di wilayah Jakarta dan Bogor.

Demikianlah beberapa jenis Mie yang ada di Indonesia dan dapat mudah ditemukan di manapun dengan rasanya yang menggugah selera serta harga yang terjangkau.